Dampak Pandemi Covid-19 pada Ekonomi Dunia

Sumber : www.okezone.com

Penyakit coronavirus atau Covid-19 telah menyebar ke 185 negara dan wilayah, menginfeksi lebih dari 2,7 juta orang dan membunuh lebih dari 190.000 orang secara global sejak muncul pertama kali di kota Wuhan, China, akhir tahun lalu, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins. Untuk membendung penyebaran virus lebih lanjut, pihak berwenang di seluruh dunia menerapkan langkah-langkah untuk mengunci negara dan kota pada tingkat yang berbeda-beda. Itu termasuk menutup perbatasan, menutup sekolah dan tempat kerja, dan membatasi pertemuan besar. Berikut adalah hal yang menunjukkan bagaimana pandemi Covid-19 telah memukul ekonomi global :

Jumlah Pengangguran Meningkat

Banyak ekonom telah memperingatkan bahwa tindakan lockdown di seluruh dunia akan mempercepat orang-orang kehilangan pekerjaan – hal ini sudah terlihat dalam angka pengangguran di beberapa negara. Di AS sebagai pusat ekonomi terbesar di dunia, lebih dari 26 juta pekerjaan hilang selama lima minggu terakhir. Berdasarkan Biro Statistik Tenaga Kerja, tingkat pengangguran AS pada bulan Maret adalah sebesar 4,4% menjadi yang tertinggi sejak 2017. AS tidak sendirian dalam menghadapi meningkatnya jumlah pengangguran. Australia dan Korea Selatan juga mencatat kenaikan tingkat pengangguran, dengan beberapa ekonom yang memperingatkan bahwa situasinya dapat menjadi lebih buruk.

Ekonomi global akan menyusut pada tahun 2020

Pandemi Covid-19 terhadap kegiatan ekonomi telah menyebabkan banyak lembaga memangkas perkiraan pertumbuhan mereka terhadap ekonomi global. Dana Moneter Internasional (IMF), yang penilaian ekonominya diikuti secara luas, memperkirakan ekonomi global menyusut 3% tahun ini. Hanya segelintir ekonomi – seperti China dan India – yang diperkirakan tumbuh pada 2020. China adalah satu-satunya negara besar yang diperkirakan akan tetap mencatat pertumbuhan walaupun hanya 1% tahun ini, sementara sejumlah negara Eropa Barat, termasuk Inggris dan Prancis, diperkirakan akan mengalami penyusutan lebih dari 10%, sebagaimana dilaporkan oleh wartawan BBC urusan ekonomi, Andrew Walker.

Referensi :

https://www.bbc.com/indonesia/dunia-53168814
https://www.dw.com/id/dampak-corona-terhadap-ekonomi-global-tak-seburuk-dugaan-awal/a-54955869
https://kolom.tempo.co/read/1342438/ekonomi-di-tengah-pandemi
https://infografis.sindonews.com/photo/2362/ekonomi-china-melesat-di-tengah-pandemi-covid19-1603147114

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *